Tips Mendaki Gunung Papandayan Garut

Mau mendaki gunung Papandayan? tips ini mungkin akan berguna buat kamu yang belum pernah naik gunung atau baru pertama kali hiking ke gunung Papandayan.

Gunung Papandayan adalah gunung tertinggi ke dua di Garut setelah Cikuray. Ketinggian puncaknya mencapai 2665 mdpl.

Berbeda dengan pendakian ke gunung Cikuray, target pendakian gunung Papandayan umumnya bukan ke puncak. Puncak Papandayan tidak banyak menyuguhkan view eksotis. Yang menjadi tujuan pendaki biasanya kawah, Ghober Hoet, Pondok Saladah, Hutan Mati, Tegal Alun dan Tegal Panjang (kawasan konservasi, harus ada SIMAKSI).

Gunung Papandayan terbagi ke dalam dua kawasan, yaitu taman wisata alam dan kawasan konservasi. Yang termasuk kawasan konservasi adalah Tegal Alun dan Tegal Panjang. Kawasan konservasi tidak dibuka untuk umum, hanya yang memiliki surat izin masuk kawasan konservasi (SIMAKSI) yang boleh masuk.

Keindahan gunung Papandayan memang tidak terbantahkan lagi. Gunung berapi aktif ini memiliki jalur pendakian yang bersahabat terhadap pendaki pemula, perempuan dan anak-anak.

Di sepanjang jalur pendakian pun matamu tak henti-hentinya akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang luar biasa.

Gunung Papandayan meletus pertama kali pada 1972 dan terakhir pada tahun 2002. Letusan gunung Papandayan pada tahun 2002 ini membentuk spot baru yang kita kenal dengan nama Hutan Mati dan danau di sisi kiri jalur pendakian.Tips Mendaki Gunung Papandayan kabupaten garut

Tips mendaki gunung Papandayan

1. Logistik

Gunung Papandayan tidak hanya jadi gunung favorit pendaki saja, banyak juga wisatawan yang hiking (tiktok) ke area kawah dan Hutan Mati.

Lihat penawaran Paket Hiking One Day Trip ke Gunung Papandayan

Di Papandayan banyak fasilitas umum seperti warung, toilet, masjid dan shelter. Dari mulai parkiran (Camp David) hingga Pondok Saladah banyak ditemukan warung-warung makanan.

Meskipun begitu, bawalah logistik untuk bekal pendakian dan makan selama camping di sana. Bawalah air minum secukupnya saja, karena banyak sumber air untuk masak di gunung Papandayan.

2. Transportasi

Parkiran gunung Papandayan sangat luas dan aman. Jalannya bagus dan bisa dilalui oleh motor, mobil keluarga dan bus pariwisata.

Jika menggunakan kendaraan umum, dari terminal Guntur Garut bisa naik angkot warna putih biru jurusan Cikajang minta berhenti di alun-alun Cisurupan. Selanjutnya naik pick up atau ojek ke Camp David.

Camp David merupakan pos pendaftaran sekaligus tempat parkir pengunjung. Kalau rombongan kamu cukup banyak sebaiknya booking pick up saja karena tarifnya akan lebih murah.

Namun kalau hanya 4 orang atau kurang, naik ojek akan lebih murah.

3. Jam Buka

Gunung Papandayan buka 24 jam. Jadi kamu bisa mendaki gunung Papandayan kapan saja. Tengah malam pun bisa, tapi disarankan ada yang sudah tahu jalur takutnya salah mengambil jalan sehingga membahayakan keselamatan.

Butuh pemandu wisata gunung Papandayan? silakan hubungi kami rekomendasi jasa guide terbaik.

Tapi kalau cuaca buruk dan berkabut, sebaiknya tidak memaksakan diri. Kamu bisa nge-camp di buper dekat taman edelweis.

4. Peralatan Camping

Bawalah peralatan camping dan perlengkapan pribadi selengkap-lengkapnya karena suhu di Papandayan cukup dingin.

Di lokasi camp tidak ada sewaan alat camping, sebaiknya siapkan sejak awal. Bawa tenda dan alat camping dari rumah, pinjam dari teman atau sewa dari GarutAdventure.com.

5. Guide dan Porter

Baru pertama kali naik gunung atau belum pernah ke Papandayan? Kalau tak yakin naik sendiri, disarankan menggunakan jasa guide agar kamu bisa mendaki gunung Papandayan dengan aman.

Jika kamu ingin mendaki gunung Papandayan tanpa ribet, sebaiknya ambil paketĀ private trip gunung Papandayan. Alat camping, guide dan makan sudah disediakan. Tinggal tidur, makan dan menikmati pesona alam Papandayan.

Itulah tips mendaki gunung Papandayan, selamat mendaki!

BUAT PERTANYAAN ATAU TESTIMONI

Please enter your comment!
Please enter your name here