no comments

Jalur Pendakian Gunung Papandayan [Update Terbaru]

Info terbaru jalur pendakian gunung Papandayan Kabupaten Garut setelah dikelola oleh PT. Asri Indah Lestari (AIL), simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan kini dikelola oleh PT. AIL. Dari sisi harga tiket masuk memang terbilang mahal; tiket masuk, camping 1 orang ditambah parkir motor bisa mencapai Rp. 97.000. Kalau camping berdua pakai 1 motor Rp. 162.000.

Info harga tiket, selengkapnya silakan baca Harga Tiket Masuk Gunung Papandayan Terbaru

Naiknya harga tiket masuk berbanding dengan pembangunan fasilitas, termasuk jalur pendakian. Ya meskipun buat sebagian orang fasilitas yang tersedia di gunung Papandayan membuat kurang nyaman, tapi buat sebagian yang lain sangat membantu.

Fasilitas yang tersedia di gunung Papandayan antara lain:

  • Camp David: Tempat parkir dan penitipan helm dengan security standay 24 jam, shelter, mushola, warung, wc, kolam renang.
  • Kawah: WC, shelter
  • Pos 7: WC, pos security, warung
  • Pos 9 (Ghober Hoet): WC, Warung, Pos Security
  • Pondok Saladah: WC, Warung, Shelter, Mushola

Kondisi umum jalur pendakian gunung Papandayan

Selain pembenahan fasilitas, pengelola juga telah membenahi jalur pendakian gunung Papandayan. Dari alun-alun Cisurupan ke Camp David jalannya sudah bagus, hotmix mulus. Bisa dilalui oleh kendaraan roda 2, SUV, elf dan bus pariwisata. Tempat parkir sangat luas, bisa menampung ratusan kendaraan.

Dari Camp David ke kawah, jalannya lebar dan beraspal. Bisa masuk kendaraan, tapi tidak diperbolehkan. Setelah jalan beraspal, disambung dengan jalan bertangga kemudian jalan berbatu dengan trek yang cukup landai sampai ke pos 7. Lama perjalanan dari parkiran ke pos 7 kurang lebih 60 menit.

Jalur pendakian gunung papandayan

Info jalur pendakian gunung papandayan

Info jalur pendakian gunung papandayan

Pos 7 merupakan tempat istirahat, di situ terdapat warung dan WC. Pendaki yang mau tektok bisa langsung ke jalur sebelah kiri menuju Hutan Mati melewati jalan bertangga. Sedangkan yang mau nge-camp, ambil jalan lurus mendatar kemudian turun melewati hutan cantigi sampai ke sungai kecil. Dari pos 7 ke sungai membutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Dari sungai, jalan kembali menanjak melewati hutan cantigi sampai ke jalan berbatu. Setiba di jalan berbatu yang cukup lebar, treknya kembali landai sampai ke pos 9 lawang angin. Waktu tempuh dari sungai ke pos 9 sekitar 40 menit.

Jalur pendakian gunung papandayan pos 7

Jalur pendakian gunung Papandayan setelah pos 7, dilihat dari Ghober Hoet

Di dekat pos 9 terdapat lokasi camping sunrise yang dikenal dengan nama Ghober Hoet. Kalau mau camping di Ghober Hoet, dari pos 9 silakan berjalan ke arah kanan untuk mencari tempat yang nyaman buat mendirikan tenda.

Tapi kalau mau berkemah di Pondok Saladah, silakan lanjutkan perjalanan ke sebelah kiri melewati hutan cantigi. Treknya juga landai. Perjalanan dari Ghober Hoet – Pondok Saladah kurang lebih 15 menit.

FYI, di pos 9 ada jalan lurus. Itu adalah jalan ke arah Pangalengan.

Pondok Saladah merupakan tempat camping yang cukup luas. Para pendaki gunung Papandayan biasanya berkemah di tempat ini. Namun di Pondok Saladah tidak dapat view sunrise, kecuali pagi-pagi sekali kamu berjalan ke Hutan Mati.

Baca juga: Asal Mula Terbentuknya Hutan Mati (Dead Forest)

Jalan dari Pondok Saladah ke Hutan Mati datar, tak ada tanjakan sama sekali. Di Hutan Mati kamu bisa foto-foto dengan background hutan cantigi yang telah mati. Dari tempat ini kamu juga bisa melihat keindahan kawah Papandayan.

Sebelum ke Hutan Mati, sebaiknya bawa semua perlengkapanmu agar tidak balik lagi ke camp. Karena dari Hutan Mati kamu tinggal menuruni jalan tangga ke pos 7, kemudian pulang ke Camp David melewati jalur pendakian yang digunakan sewaktu naik.

Mau mendaki gunung Papandayan? Silakan hubungi kami.

Komentar

[Promo] Open Trip Guntur 17-18 November 2018Info Lengkap
+
WhatsApp chat