no comments

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Cikajang

Jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang adalah jalur yang patut kamu coba. Jalur ini akan memberikan sensasi dan pengalaman baru buat kamu. Treknya lumayan pendek, bisa camp di pos 1, hutan mati atau langsung di sekitar puncak Cikuray.

Kecamatan Cikajang berada di selatan Garut, dapat ditempuh dengan kendaraan umum berupa angkot dan elf dari terminal Garut atau langsung naik elf dari Bandung.

Berhenti di mana?

Jalur Cikajang ada 2 yaitu via Carik dan Olan. Jika kamu akan mendaki gunung Cikuray via Olan maka berhentilah di alun-alun (depan masjid agung) Cikajang. Tapi kalau mau lewat jalur Carik, berhentilah di pasar Cikajang. Pasar Cikajang adalah tempat pemberhentian angkot dan elf jurusan Cikajang.

Dari tempat kamu berhenti di Cikajang ke bascamp atau kampung terakhir di mana kamu akan mulai pendakian bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik ojek. Kalau ditempuh dengan berjalan kaki memang akan memakan waktu dan menguras energi, jadi sebaiknya naik ojek saja sekitar 15 menit.

Sebelum masuk hutan, kamu akan melewati kebun sayuran. Jalurnya tidak membingungkan, terlebih jika didampingi oleh tim Garut Adventure.

Kendala yang dihadapi ketika mendaki gunung Cikuray via Cikajang adalah harus membawa air dari batas hutan. Karena setelah memasuki hutan tidak akan ditemukan sumber air. Kebutuhan air mineral untuk masak, minum, kopi/teh untuk pendakian solo 1 malam biasanya 2 botol ukuran 1,5 liter.

Jalur pendakian gunung cikuray via Cikajang 1

Setelah memasuki hutan, kamu akan melewati 3 bonus. Ada trek datar yang lumayan menghibur, selebihnya trek menanjak, namun banyak akar dan semak yang bisa dijadikan pegangan untuk membantu pergerakan mencapai puncak ‘negeri atas awan’ Cikuray.

Jalur Olan dan Carik akan bertemu di pos 1. Jalur Olan dari arah kiri, sedangkan jalur Carik dari sebelah kanan. Jika turun, ke arah Olan ambil jalur kanan sedangkan ke arah Carik ambil jalur kiri di pos 1.

Kemudian, kamu akan bertemu dengan persimpangan jalur Tapak Gerot, letaknya di sebelah kiri. Nah, perlu diingat juga waktu turun. Turun ke jalur Cikajang harus mengambil jalur kiri karena ke kanan adalah ke jalur Tapak Gerot.

Waktu tempuh dari batas hutan ke puncak gunung Cikuray yang berada di ketinggian 2821 meter di atas permukaan laut adalah kurang lebih 3 jam. Bisa lebih cepat, bisa juga lebih lambat. Tergantung dari kecepatan kamu berjalan.

jalur pendakian gunung cikuray olan jalur pendakian gunung cikuray olan

Jalur pendakian gunung cikuray via Cikajang 1

Jalur pendakian gunung cikuray via Cikajang 1

Tips mendaki gunung Cikuray via Cikajang

  • Transportasi: Supaya tidak naik turun kendaraan, dari Bandung sebaiknya naik elf jurusan Cikajang berhenti di alun-alun Cikajang (via Olan) atau pasar Cikajang (via Carik).
  • Air: Bawa air mineral untuk pendakian 2 hari 1 malam. Lebih baik ada sedikit sisa daripada kehabisan air di puncak karena ke sumber air harus kembali ke titik awal pendakian.
  • Suhu di Cikuray cukup dingin, bisa dibilang dingin sekali. Bawalah jaket, pakaian ganti, kupluk, sarung tangan, kaos kaki, matras dan sleeping bag.
  • Ringkankan beban carrier kamu dengan jasa trip gunung Cikuray bersama Garut Adventure. Caranya ikut trip Garut Adventure; maka transportasi, tenda, alat masak dan logistik sudah ditanggung. Kamu hanya perlu membawa perlengkapan pribadi, snack, air minum dan obat-obatan pribadi.

Komentar

[Promo] Open Trip Guntur 17-18 November 2018Info Lengkap
+
WhatsApp chat