no comments

Gunung di Garut yang Cocok Untuk Pemula

Gunung di Garut yang terkenal dan biasa didaki oleh pendaki dari luar kota ada 3, yaitu Cikuray (2821 mdpl), Papandayan (2665 mdpl) dan Guntur (2249 mdpl). Ketiga gunung tersebut memiliki karakter tersendiri.

1. Gunung Cikuray

gunung cikuray

Gunung Cikuray, treknya paling berat dengan melewati perkebunan dan hutan belantara. Di puncak Cikuray tidak ada sumber air. Persediaan air minum dan masak harus membawa dari titik nol pendakian. Pemandangan dari puncak gunung ini sangat keren, kamu bisa melihat gunung Ciremai, Slamet, Guntur, Papandayan dan garis pantai selatan.

Bagi pendaki yang tiba di puncak sebelum magrib, dapat menyaksikan indahnya pemandangan sunset. Kalau malam tiba dan cuaca sedang cerah, lampu kota Garut pun menjadi sajian istimewa. Pagi adalah waktu yang dinanti, view sunrise di gunung Cikuray mantab, ditambah lagi hamparan awan laksana samudera.

Jadi kalau kamu mau melihat indahnya sunset dan sunrise dalam sekali pendakian, mendakilah ke gunung Cikuray.

2. Gunung Guntur

gunung Guntur

Gunung Guntur terkesan gersang, sangat jarang pepohonan. Untuk sampai di puncak Guntur, pendaki harus melewati jalur batu dan pasir.

Dari puncak Guntur, gunung Cikuray yang gagah menjulang tinggi terlihat sangat jelas, bahkan terasa begitu dekat. Kamu juga bisa melihat lanskap Garut bagian utara seperti objek wisata Situ Bagendit.

Persediaan air di gunung Guntur tidak sesulit seperti di gunung Cikuray, bahkan sampai di Pos 3 (area camping via jalur Citiis) masih terdapat sumber air.

3. Gunung Papandayan

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Ketinggian puncak gunung Papandayan (2665 mdpl) memang lebih tinggi dari Guntur (2249 mdpl). Tapi pendakian gunung Papandayan sebetulnya relatif lebih ringan dari Guntur karena tujuan pendakian Papandayan bukan puncak, melainkan camping ground Pondok Saladah, eksplor kawah dan hutan mati.

Trek menuju kawah, pondok saladah dan hutan mati cukup landai dengan lama pendakian kurang lebih 2 jam dari parkiran Camp David. Mengingat treknya yang mudah dilalui, tak jarang wisatawan (bukan pendaki) hiking ke Papandayan.

Sumber air di Papandayan juga masih sangat melimpah. Mulai dari parkiran, jalur pendakian hingga tempat camping terdapat toilet dan sarana umum seperti shelter, mushola dan warung-warung makanan.

Jalur pendakian Papandayan pun bisa dilalui ojeg (porter), pendaki yang sakit atau kelelahan sehingga benar-benar tidak mampu melanjutkan perjalanan bisa diantar menggunakan ojeg.

Dari 3 gunung di Garut seperti saya sebutkan di atas, mana yang paling aman bagi pemula?

Nah, kalau ditanya gunung mana di Garut yang aman bagi pemula? Jawaban saya ketiganya juga aman asalkan persiapan fisik, logistik dan mental sudah matang. Akan lebih nyaman kalau ditemani pemandu profesional dari Garut Adventure.

Rekomendasi Garut Adventure buat yang nyari trek ringan adalah gunung Papandayan. Untuk reservasi pendakian gunung Papandayan, silakan hubungi Garut Adventure via email, media sosial atau contact person Husni Cahya Gumilar (WhatsApp 081222873837).

Komentar

[Promo] Open Trip Guntur 17-18 November 2018Info Lengkap
+
WhatsApp chat