no comments

Bolehkah Anak-anak dan Ibu Hamil Mendaki Gunung Papandayan?

Mendaki gunung Papandayan bersama keluarga termasuk anak-anak dan ibu hamil, aman enggak ya?

Mendaki gunung kini tidak hanya dilakukan oleh pendaki gunung atau pecinta alam saja, tetapi banyak pula masyarakat umum yang melakukannya. Tidak terkecuali anak-anak, peremuan, bahkan ibu hamil. Alasannya beragam, ada yang naik gunung karena hobi ada pula yang tertarik setelah melihat foto di media sosial atau karena mendengar cerita asyiknya mendaki gunung dari teman yang sudah melakukannya.

Terlepas dari apa pun alasan dan tujuan mendaki gunung, kegiatan ini memang cukup menyenangkan. Bisa dibilang sebagai ‘tempat pelarian’ paling sehat. Namun perlu diingat, bahwa gunung bukan tempat tinggal manusia melainkan tempatnya binatang liar dan tumbuhan. Sebagai tamu yang baik, manusia perlu menjaga tata krama dan etika selama bertamu ke gunung.

Pendaki pemula, anak-anak dan ibu hamil yang ngebet banget pengen mendaki gunung bisa menyalurkan hasratnya di gunung Papandayan Garut, Jawa Barat. Medan daki gunung Papandayan sangat landai, tersedia fasilitas umum seperti toilet di jalur pendakian dan camping ground serta menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Mata kita tidak akan bosan-bosannya menyaksikan keindahan di setiap sudut gunung Papandayan.

Di gunung Papandayan memang banyak spot menarik, di antaranya Kawah Papandayan, Danau, Air Terjun, Camping Sunrise Ghober Hoet, Camping Ground Pondok Saladah dan Hutan Mati. Selain tempat-tempat tersebut, ada juga kawasan konservasi yaitu Tegal Panjang dan padang edelweis Tegal Alun.

Menariknya lagi, kini di Taman Wisata Alam Papandayan tersedia juga kolam renang air panas dan vila. Jadi selain ngecamp, meningap di vila bisa menjadi pilihan kamu bersama keluarga saat liburan ke TWA Papandayan.

Boleh tidak anak-anak dan ibu hamil mendaki gunung Papandayan?

Boleh saja asal kondisi fisiknya fit dan membawa perlatan camping sesuai standar. Ada baiknya juga didampingi oleh guide yang sudah berpengalaman. Terlebih jika dalam rombongan belum ada satu orang pun yang pernah naik gunung.

Baca: Paket Private Trip Gunung Papandayan Garut

Suhu di gunung Papandayan memang cukup dingin, berkisar antara 6 – 12 derajat celcius. Makanya pakaian hangat, alat tidur, air mineral dan makanan berkalori tinggi harus dibawa saat mendaki gunung Papandayan bersama anak-anak dan ibu hamil.

Anak-anak sendiri biasanya tidak mudah lelah seperti orang dewasa. Lain lagi dengan ibu hamil, harus benar-benar dipastikan fisiknya sedang prima dan tidak dalam masa kandungan kritis. Usia kandungan kritis yaitu trimester pertama (1-3 bulan) dan ketiga (7-9 bulan). Lebih baik lagi dan sangat dianjurkan, periksa ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Kalau dokter tidak mengijinkan bumil naik gunung, sebaiknya menunda keinginan demi keselamatan bumil dan janin yang dikandungnya.

Butuh pendampingan mendaki gunung Papandayan? Silakan hubungi kami.

Komentar

[Promo] Open Trip Guntur 17-18 November 2018Info Lengkap
+
WhatsApp chat